Rabu, 01 Oktober 2008

Program Peminatan target cetak tenaga professional


Dalam mengembangkan kurikulum PS.IKM Universitas Udayana kini terus berbenah sesuai dengan kebutuhan pasaran kerja dimana Program peminatan tersebut diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap profesi SKM dengan keahlian tertentu. Peminatan yang dibuat juga disesuaikan dengan posisi jabatan fungsional pada Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 1996 tentang jenis tenaga kesehatan pada pegawai negeri sipil (PNS) yang menyebutkan adanya jabatan fungsional administrator kesehatan, epidemiolog kesehatan, entemolog kesehatan, penyuluh kesehatan, dan sanitarian. Selain itu kesepakatan AIPTKMI yang mengarah pada pengembangan pendidikan profesi kesehatan masyarakat (profesi SKM) menuntut anggotanya, termasuk PS IKM Unud, untuk mengembangkan program peminatan dan selanjutnya bersiap diri untuk melaksanakan pendidikan profesi yang berbasis kompetensi.

Program peminatan ini diberlakukan setelah merombak kurikulum puskesmas bagi mahasiswa reguler 4 tahun yang dirasa kurang efektif. Program ini juga dikorelasikan dengan magang yang mereka lakukan diberbagai perusahaan pemerintah, swasta dan LSM terkait. Diharapan mereka dapat menimba berbagai ilmu dan pengalaman. Program peminatan yang dibuka yakni bidang Pendidikan Kesehatan Masyarakat (PKM), Kesehatan Lingkungan, Epidemiologi, Demografi dan Biostatistik, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK), Gizi kesehatan masyarakat dan Kesehatan Kerja.

Tenaga SKM yang professional adalah targetnya sehingga mereka dapat menjadi seorang Epidemiolog, Sanitarian, Entomolog, Konsultan kesehatan kerja, promkes (promosi kesehatan), manajer rumah sakit, konsultan AMDAL Kesmas, praktisi kesehatan untuk bidang gizi dan sanitasi di restorant dan hotel, manager perusahaan asuransi, pest control, dan lainnya.

Diharapkan dengan penyesuaian dengan kebutuhan pasaran tenaga kerja maka lulusan SKM dapat dengan cepat terserap di dunia kerja baik untuk tenaga pemerintahan, perusahaan swasta dan wiraswasta. Berdasarkan hasil tracer study alumni PS.IKM sebagian besar sudah terserap didunia kerja.

Berbagai peluang kerja masih belum tergarap maksimal karena berbagai faktor seperti masih fokus pada bidang PNS, puskesmas dan Rumah Sakit. Padahal prospek karir mereka cukup besar dibidang Konsultan kesehatan kerja di perusahaan besar masih terbuka lebar, Tenaga sanitarian pada restorant dan hotel membutuhkan tenaga SKM yang kompeten di bidang HACCP, konsultan AMDAL kesmas, Manager perusahaan Asuransi Kesehatan, Manager perusahaan farmasi, LSM, pengembangan usaha pest control, catering, dan lain sebagainya.



Selamat Mencoba


Tidak ada komentar: