Minggu, 15 Februari 2009

Rumah sakit berbasis preventif medicine (suatu pemasaran era modern)

Rumah sakit berbasis preventif medicine

(suatu pemasaran era modern)

Oleh : Sang Gede Purnama

Rumah sakit sebagai suatu institusi yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan ternyata tidak bisa lepas dari yang namanya untung dan rugi, dalam pengelolannya selain bertujuan social untuk menjalankan kegiatannya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Rumah sakit adalah suatu lembaga yang padat karya dan modal, dibutuhkan tenaga kerja yang professional sarana dan prasarana penunjang yang sesuai sehingga dibutuhkan menajemen yang baik dalam menjalankannya.

Ada yang mengatakan mengelola rumah sakit lebih sulit dari pada mengelola hotel karena lembaga ini begitu kompleks, secara psikologis mereka yang datang adalah yang mengelami kejadian sakit tentunya lebih emosional. Pelayan kesehatan harus dituntut lebih sabar lagi sehingga dapat memberikan pelayanan yang ramah. Bukankah sekarang sedang dikembangkan hospitality management disetiap institusi yang berbasis pelayanan pada pelanggan.

Rumah sakit yang tidak mampu melayani pasien dengan baik dan ramah maka akan perlahan-lahan ditinggalkan dimana saat ini terjadi persaingan yang ketat dalam bidang kesehatan. Upaya pemasaran rumah sakit saat ini masih menjadi pro dan kontra bagaimana rumah sakit sebagai lembaga social bisa memasarkan dirinya layaknya suatu perusahaan yang berbasis profit.

Perkembangan pemasaran rumah sakit saat ini terus bergerak dan tidak jarang kita lihat iklan tentang rumah sakit yang mempunyai fasilitas tertentu. Bahkan beberapa memproklamirkan diri sebagai rumah sakit internasional. Dari sekian cara promosi rumah sakit kini mulai perkembangan mengarah pada preventif medicine dimana upaya rumah sakit untuk menjaga kesehatan pelanggannya dalam berbagai program pencegahan penyakit. Tingkat perkembangan pendidikan masyarakat yang cukup tinggi dikaitkan dengan makin sadarnya masyarakat tentang tata cara pencegahan kejadian sakit turut mendukung program ini.

Rumah sakit yang dulunya hanya focus pada upaya pengobatan (kuratif) kini mesti melakukan ekspansi dengan mengembangkan berbagai program preventif medicine. Asuransi kesehatan komersil sudah mulai dikembangkan oleh beberapa rumah sakit untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Dengan menawarkan program asuransi kesehatan maka pasien akan menjadi loyal untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan di rumah sakit tersebut.

Berbagai program preventif medicine dapat kita tawarkan seperti general check up ini perlu dilakukan untuk mendeteksi kondisi kesehatan pasien secara rutin. Ini dapat menjagi program unggulan rumah sakit dimana dapat bekerjasama dengan berbagai perusahaan dan organisasi masyarakat untuk memasarkan rumah sakit akan lebih menarik lagi apabila ada program diskon di hari-hari tertentu. Tentunya ini dapat mengangkat popularitas rumah saki tersebut.

Program senam hamil juga dapat dijadikan program unggulan dimana kondisi pasien yang dapat dipantau mulai hamil hingga ia melahirkan. Program ini memberikan suatu edukasi juga kepada pasien tentang bagaimana merawat kehamilannya dan bagi rumah sakit ini akan menjadi media yang baik dalam mempromosikan rumah sakit.

Deteksi dini penyakit tertentu, adalah bagian dari preventif medicine dimana lebih baik mencegah dari pada mengobati. Biaya pengobatan tentunya jauh lebih besar apabila dapat kita cegah kenapa tidak dimulai dari sekarang. Salah satunya dengan Pap smear program, kejadian kanker leher rahim semakin banyak dan membahayakan terutama bagi kaum perempuan yang sudah menikah. Apalagi memang berisiko tinggi sering berganti pasangan maka perlu untuk melakukan pemeriksaan.

Konsultasi gizi, sebenarnya dapat menjadi program unggulan beberapa pasien saat ini terkena penyakit berasal dari makanan yang tidak berimbang yang akhirnya menimbulkan berbagai penyakit. Konsultasi gizi selayaknya diberikan pada member asuransi kesehatan kita sehingga mereka mendapatkan edukasi tentang pola makan dan tingkat konsumsi makanan yang sebaiknya dilakukan.

Pendidikan kesehatan masyarakat (health promotion) , ini adalah sarana yang cukup penting dalam promosi program kesehatan di era modern seperti sekarang ini yang sering dilupakan. Rumah sakit juga mempunyai peranan social yang tidak kecil sebagai wujud social responsibility program promosi kesehatan perlu kita laksanakan. Memberikan informasi kesehatan pada masyarakat sangatlah diperlukan dimana didalamnya dapat diselipkan tentang fasilitas rumah sakit yang disediakan dan kerjasama dalam asuransi kesehatan. Tentunya ini cukup membantu upaya pemasaran rumah sakit. Program health promotion dapat dilakukan di berbagai bidang mulai dari seminar kesehatan, kunjungan ke perusahaan, organisasi masyarakat, perkumpulan social dan sebagainya.


Tidak ada komentar: