Rabu, 22 Oktober 2008

PS. IKM adakan seminar Primary Health Care dan pelantikan Pengurus IAKMI Bali

Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (PS.IKM) dan Ikatan ahli kesehatan masyarakat Indonesia (IAKMI) mengadakan seminar nasional serangkaian dengan dies natalis Universitas Udayana. Seminar ini mengusung tema Optimizing Primary Health Care to Achieve Millenium Development Goals (MDGS) di Gedung Theater Fakultas Kedokteran, kampus Sudirman, Sabtu 18 Oktober ini. Dimana pesertanya dari para dosen, puskesmas, STIKES, dan mahasiswa.

Kegiatan ini juga dilaksanakan pelantikan terhadap pengurus IAKMI daerah Bali dimana Ketuanya untuk periode 2008-2011 dr. Partha Muliawan, M.Sc (OM) yang dilantik langsung oleh ketua IAKMI pusat Dr. Adang Bachtiar, MPH, ScD.

Menurut Ketua PS.IKM Unud dan sekaligus Ketua IAKMI Bali mengatakan seminar ini diadakan untuk mengingatkan kembali komitmen 189 kepala Negara termasuk Indonesia yang memproklamirkan MDGs beberapa tahun lalu. Sebagaimana kita ketahui sejak tahun 2000 dilakukan kompanye tentang perwujudan tujuan pembangunan MDGs. Dari delapan tujuan pembangunan enam diantaranya berhubungan dengan kesehatan. Diantaranya menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lain dan kelestarian lingkungan.


Seminar ini dibuka oleh Rektor Unud dan juga dalam seminar ini mendatangkan narasumber yakni Dr. H Adang Bachtiar, MPH, ScD (Ketua IAKMI) yang memaparkan tentang Optimalisasi pelayanan kesehatan dasar menuju MDGs, Gubernur Bali yang diwakili dari dinas kesehatan memaparkan tentang pencapaian indicator kesehatan MDGs di Bali dan peneliti tropical disease Unair Prof. Dr. Soegeng Soegijanto, dr. SpA mempresentasikan tentang virology demam berdarah dan vaksinnya.

Dalam kegiatan ini juga diadakan presentasi paper yang dibagi dalam 2 kelompok parallel dimana diikuti 15 hasil penelitian dan kajian ilmiah tentang kesehatan masyarakat. Dimana pesertanya dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti didalam dan luar Unud.

1 komentar:

tommacho mengatakan...

Bro tlg dung ... ada kerja ngga buat lulusan SKM tapi sebelumnya aku dr Perawat {SPK} mksh